Amerika Serikat pada hari Rabu mengatakan akan menampar 10 persen tarif di Eropa-dibuat pesawat Airbus dan 25 persen tugas pada anggur Perancis, Scotch dan wiski Irlandia, dan keju dari seluruh benua sebagai hukuman untuk Uni Eropa ilegal subsidi pesawat.

 


Pengumuman datang setelah organisasi perdagangan dunia memberikan Washington lampu hijau untuk memberlakukan tarif US $7,5 milyar barang Uni Eropa setiap tahunnya dalam kasus berjalan lama, sebuah langkah yang mengancam untuk memicu tit-for-tat perang Dagang transatlantik.

Tindakan akan mengikuti tarif yang dikenakan oleh Amerika Serikat dan Cina pada ratusan miliar dolar barang masing-masing dalam perang perdagangan lebih dari tahun mereka.

Daftar target Perwakilan Perdagangan AS untuk tarif Uni Eropa, ditetapkan untuk berlaku pada 18 Oktober, termasuk pesawat Airbus besar yang dibuat di Perancis, Inggris, Jerman dan Spanyol-empat negara konsorsium Airbus. Tapi tidak ada tarif yang akan dikenakan pada bagian pesawat buatan Uni Eropa yang digunakan dalam operasi perakitan Airbus ' Alabama atau yang digunakan oleh saingan planemaker AS Boeing Co, menjaga pekerjaan manufaktur AS.

"Akhirnya, setelah 15 tahun litigasi, WTO telah mengkonfirmasi bahwa Amerika Serikat berhak untuk memaksakan penanggulangan dalam menanggapi Uni Eropa subsidi ilegal," Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap untuk masuk ke dalam negosiasi dengan Uni Eropa yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah ini dengan cara yang akan menguntungkan para pekerja Amerika," tambah Lighthizer.

Tarif ini menargetkan empat negara konsorsium Airbus, termasuk zaitun Spanyol, sweater Inggris dan woolens, dan alat Jerman dan kopi, serta wiski Inggris dan anggur Perancis. Keju dari hampir setiap negara Uni Eropa akan terkena dengan tarif 25 persen, tapi anggur Italia dan minyak zaitun yang terhindar, bersama dengan cokelat Eropa.

Ukuran dan ruang lingkup TARIF dikurangi jauh dari daftar $25.000.000.000 yang mengambang di Washington awal tahun ini yang mencakup helikopter, komponen pesawat utama, makanan laut, barang mewah dan kategori Big-Ticket lainnya yang dikecualikan dari Pengumuman hari Rabu.

Satu orang yang akrab dengan kasus mengatakan USTR sengaja tidak menggunakan tingkat penuh disetujui WTO pembalasan untuk membujuk Uni Eropa ke meja perundingan.

Tapi itu datang dengan peringatan eksplisit.

"AS memiliki kewenangan untuk meningkatkan tarif setiap saat, atau mengubah produk yang terkena dampak. USTR akan terus-menerus mengevaluasi kembali TARIF ini berdasarkan diskusi kami dengan Uni Eropa, "kata USTR.

NEW PERDAGANGAN PERANG DEPAN
USTR telah mencari WTO ratifikasi daftar TARIF oleh 14 Oktober. Tugas bisa mulai berlaku hanya tiga hari setelah dijadwalkan kenaikan tarif 15 Oktober pada $250.000.000.000 senilai barang Cina, untuk 30 persen dari 25 persen.

Seperti Washington dan Beijing berusaha untuk mengurangi pahit mereka perang perdagangan 15-bulan, AS-Uni Eropa meludah terlihat ditetapkan untuk memperburuk.

Juru bicara Airbus Clay McConnell mengatakan planemaker berbasis Perancis sedang mengevaluasi daftar dan konsekuensi yang mungkin dalam "kerjasama erat dengan Komisi Eropa."

WTO, katanya, dalam beberapa bulan mendatang akan memberikan kewenangan Uni Eropa untuk memberlakukan tarif barang AS atas temuan subsidi ilegal untuk Boeing dari Washington negara yang dapat sama atau melebihi TARIF AS.

"Airbus menganggap bahwa satu-satunya cara untuk mencegah efek negatif yang penanggulangan ini akan menciptakan akan untuk AS dan Uni Eropa untuk menemukan resolusi untuk ini berjalan lama sengketa melalui penyelesaian yang dinegosiasikan sebelum TARIF menjadi efektif," katanya.

CHEAP PINJAMAN
Dalam keputusan mereka, arbiter WTO mengatakan bahwa Boeing telah kehilangan setara dengan $7.500.000.000 setahun dalam penjualan dan gangguan untuk pengiriman dari beberapa pesawat terbesar karena pinjaman pemerintah Eropa murah untuk Airbus.

Keputusan, mengkonfirmasikan angka yang dilaporkan oleh Reuters pekan lalu, memungkinkan Washington untuk menargetkan nilai yang sama dari barang Uni Eropa tapi Bar setiap pembalasan terhadap layanan keuangan Eropa.

Pada daftar harga dari $92.000.000 untuk kapal jet A319 ke beberapa $366.500.000 untuk widebody A350-1000, tarif Airbus 10 persen dapat memaksakan beban keuangan yang parah pada pelanggan maskapai AS. Delta Air Lines mengatakan memiliki sekitar 170 pesawat Airbus dalam rangka yang dapat terpengaruh.

"Pesawat adalah pembelian signifikan yang membutuhkan waktu panjang-Lead untuk produksi-sering tahun di muka," kata Delta dalam sebuah pernyataan. "Memaksakan TARIF pada pesawat yang perusahaan AS telah berkomitmen untuk menimbulkan kerugian serius terhadap maskapai penerbangan AS, jutaan orang Amerika yang mereka pekerjakan dan publik yang bepergian."

Menjual luas di tengah kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan global yang menghukum saham Eropa sebelumnya pada hari Rabu dipercepat sebagai putusan dihidupkan kembali kekhawatiran tentang kerusakan yang sudah-sakit ekonomi Eropa. Pan European STOXX 600 indeks selesai turun 2,7 persen, hari terburuk sejak Desember 2018. Airbus saham ditutup turun 2 persen.

Indeks utama Wall Street mengalami penurunan satu hari paling tajam selama hampir enam minggu pada hari Rabu setelah pekerjaan dan data manufaktur menyarankan perang Dagang AS-Cina mengambil peningkatan tol pada perekonomian AS.

PERANG ATTRITION
Airbus dan Boeing, dua planemakers terbesar di dunia, telah melancarkan perang terhadap pengurangan subsidi di WTO sejak 2004 dalam sengketa yang telah menguji pengaruh polisi perdagangan dan diharapkan untuk mengatur nada untuk kompetisi dari akan-menjadi saingan dari Cina.

WTO telah menemukan bahwa baik Airbus dan Boeing menerima miliaran dolar subsidi ilegal di dunia perusahaan terbesar sengketa perdagangan. Badan perdagangan global adalah karena memutuskan awal tahun depan pada tingkat TARIF tahunan Uni Eropa dapat memaksakan pada impor AS.

Sementara tingkat TARIF berjumlah kurang dari tiga hari senilai perdagangan antara Eropa dan Amerika Serikat, importir yang dipimpin oleh maskapai penerbangan AS yang membeli jet Airbus telah mendesak Washington untuk selektif ketika memilih industri untuk memukul dalam rangka untuk menghindari menyebabkan Jaminan kerusakan ekonomi AS.

Produsen Uni Eropa sudah menghadapi TARIF AS pada baja dan aluminium dan ancaman dari Presiden AS Donald Trump untuk menghukum mobil Uni Eropa dan suku cadang mobil. Uni Eropa pada gilirannya telah membalas dendam.

Administrasi Trump percaya bahwa tarif tersebut efektif dalam membawa Cina ke meja negosiasi atas perdagangan dan dalam meyakinkan Jepang untuk membuka pasar agrikultur untuk produk AS.